Mitra Aspiratif Publik

Zuhaelsi Zubir Buka Rakor Kegiatan Pemeliharaan Hibah Khusus PAMSIMAS TA 2021

Makassar | Rapat koordinasi (Rakor) terkait kegiatan pemeliharaan hibah khusus PAMSIMAS Tahun Anggaran (TA) 2021 berlangsung di Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Kamis (08/4/21).

Rapat koordinasi ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Prasarana dan Bangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Zuhaelsi Zubir.

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain Kepala Bagian Hukum Setda Kota Makassar, Bidang Fispra Bappeda Kota Makassar, Konsultan ROMS Prov. Sulsel, Koordinator PAMSIMAS Kota Makassar beserta Seksi Sanitasi dan Air Bersih Dinas PU Kota Makassar.

“Tujuan diadakannya rapat koordinasi ini adalah untuk mendengarkan persepsi dari peserta rapat terkait surat pernyataan Walikota Makassar tentang Kesediaan Menerima Barang/Jasa untuk Program PAMSIMAS baik dari aspek hukum maupun dari aspek lainnya,” terang Zuhaelsi Zubir dalam sambutannya.

Saat ini Program PAMSIMAS di Kota Makassar telah membangun sebanyak 63 Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS). Namun, sekitar 60 persen diantaranya tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah berkomitmen untuk memperbaiki sarana yang ada dengan catatan pembiayaan pemeliharaan yang bersumber dari APBN dan APBD masing-masing sebesar 50 persen.

Biaya pemeliharaan SPAMS TA. 2020 yang bersumber dari APBN yakni terdapat 3 lokasi dan biaya pemeliharaan untuk TA.2021 rencananya ada 2 lokasi.
Sementara biaya pemeliharaan SPAMS TA. 2021 yang bersumber dari APBD rencananya terdapat 5 lokasi (3 lokasi usulan Tahun 2020 dan 2 lokasi usulan Tahun 2021).(*)

Editor: Herman

Leave a comment