Home / BERITA / DAERAH / HARI INI MAMUJU DIWARNAI 2 AKSI DEMO

HARI INI MAMUJU DIWARNAI 2 AKSI DEMO

Mamuju | Dua massa aksi demo berbeda kepentingan hari ini melakukan unjuk rasa di Kabupaten Mamuju, Kota Mamuju Sulawesi Barat 24/9/2019

Aksi Pertama dilakukan oleh aliansi Pemuda dan mahasiswa di depan kantor Polres Mamuju yang kemudian berlanjut di kantor DPRD Provinsi Sulawesi Barat yang terdiri dari FPPI, MAPER, KOMKAR, BEM Pertanian Unika, PMII Cabang Mamuju dengan perihal memperjuangkan petani Indonesia dalam rangka memperingati hari tani nasional.

Mahasiswa dalam aksi “Wujudkan Kesejahteraan Petani” ini membawa beberapa famplet atau tuntutan terhadap pemerintah diantaranya ialah tanah untuk rakyat petani penggarap, menolak kedatangan IMF di Indonesia serta wujudkan UU no.19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani, stop diskriminasi dan kriminalisasi petani, Perjelas peta hak guna usaha dan wilayah pertanian di Sulbar, tindak mafia kelompok tani, sejahterakan Buruh Tani dan nasionalisasi Aset.

Selain itu pengunjuk rasa juga tak lupa menuntut pencopotan Kapolda Sulawesi Barat dan Kapolres Mamuju di depan  kantor Polres Mamuju serta menuntut  agar mengusut sampai tuntas kasus pemukulan terhadap mahasiswa saat melakukan unjuk rasa jumat 21September 2019 kemaren di Simpang Lima Kabupaten Mamuju.

Di tempat berbeda aksi demo dilakukan oleh Massa dari pergerakan masyarakat Kalumpang Raya yang menuntut dan mendesak kepada Pemprov Sulbar untuk segera mengerjakan Jalan Poros bonehau Kalumpang dari pengerasan ke hotmix secepatnya.

Sebab  menurut  masyarakat  Kalumpang bonehau wilayah Kalumpang seharusnya mendapatkan haknya seperti infrastruktur yang layak serta pembangunan SDM karena hingga kini daerah Kalumpang bonehau tidak pernah dibangun bahkan hanya di eksploitasi SDA nya karena ada tindakan dan keputusan pihak perusahaan bersama Pemprov Sulbar yang saling lempar tanggung jawab dan semakin memperparah kondisi terutama akses jalan.

Kepala dinas pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Sulawesi Barat yang mewakili Gubernur Sulawesi Barat saat menemui pengunjuk rasa berjanji kepada masyarakat Kalumpang bonehau bahwa di 2019 Pemprov Sulawesi Barat akan memperbaiki akses jalan serta infrastruktur di daerah tersebut.

Pernyataan dari kepala dinas PU PR  Sulbar ini Tentunya disambut baik oleh para pengunjuk rasa karena apa yang mereka tuntut dalam aksi bisa direalisasikan di tahun 2019.

Sebelumnya 2 aksi demo di kota Mamuju ini sempat terjadi aksi dorong mendorong antara pihak keamanan yang menjaga dengan para pengunjuk rasa.| **