Mitra Aspiratif Publik

Dewan Rakyat Antikorupsi Apresiasi Kinerja Bapenda Makassar Mengalami Peningkatan

MAKASSAR – Lembaga Strategi Promosi Dewan Rakyat Antikorupsi (Lespiderak) mengapresiasi kinerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar.

Di bawah kepemimpinan Irwan Adnan, pendapatan daerah Kota Makassar yang dikumpulkan Bapenda, terus mengalami peningkatan.

Pemberian apresiasi tersebut setelah adanya rapat internal Dewan Lespiderak tanggal 17 Maret lalu. Direktur Eksekutif Dewan Anti Korupsi, Zulkifli mengatakan peningkatan pendapatan daerah tersebut perlu apresiasi dan dicontoh oleh SKPD lain.

“Pendapatan daerah ini perlu mendapat apresiasi, dan harus menjadi contoh untuk SKPD yang lain, utamanya SKPD yang bisa menghasilkan keuangan daerah,” kata dia.

Selain itu, sikap Kepala Bapenda Kota Makassar yang senantiasa melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menjadi kriteria utama bagaimana akuntabilitas dan transparansi dikedepankan. Zulkifli menyebut, hal ini menjadi kriteria utama penghargaan tersebut diberikan.

“Dengan selalu melibatkan komisi pemberantasan korupsi dalam setiap pemasukannya dalam bulan per bulan sampai tahunan. Hal inilah yang menjadi kriteria dalam pemberian sertifikat penghargaan,” lanjutnya.

Dia juga mengapresiasi sejumlah inovasi yang dikeluarkan Bapenda, salah satunya invoasi Bapenda dalam meningkatkan kesadaran pajak melalui Laskar Pajak yang digagas langsung Kepala Bapenda, Irwan Adnan.

“Oleh karena itu semua ruang-ruang yang menjadi mesin dalam pengumpulan pendapatan keuangan daerah terpantau dengan laskar-laskar yang telah dirujuk oleh Kepala Bapenda,” tukas Zulkifli. (*/sindo)

Leave a comment