Mitra Aspiratif Publik

Cegah Abrasi dan Menjaga Ekosistem Laut Pemprov Menanam 40.000 Mangrove

MAROS – Sebanyak 40.000 bibit pohon mangrove berjenis Rizophora ditanam di pesisir pantai Desa Marannu Kecamatan Lau Kabupaten Maros Sulawesi Selatan pada senin 5 Apri 2021.

Penanaman bibit ini dilakukan guna menjaga ekosistem pesisir laut serta mencegah terjadinya abrasi pantai

Sejumlah warga serta beberapa nelayan serta pemerintah dari cabang dinas kelautan provinsi Sulsel turut andil dalam kegiatan tersebut.

Pohon mangrove ini mempunyai banyak manfaat saat tumbuh besar diantaranya sebagai penahan gelombang pantai juga kehidupan hewan lainnya seperti kepiting dan Ikan salamander lainnya.

Kepala Dinas Cabang Kelautan dan Perikanan Suhartono mengatakan Penanaman pohon mangrove berjenis Rizophora ini sebagai wujud perhatian Cabang Dinas Kelautan Mamminasatta Terhadap lingkungan pesisir panta pantai yang perlu dilakukan pelestarian penuh Atau yang bertugas juga sebagai pengawas serta konservasi lingkungan

“Selain itu, aksi pelestarian bibit pohon mangrove ini sebelumnya juga sudah dilakukan di 2 wilayah di Sulsel seperti di Kabupaten Takalar, Kota Makassar dan hari ini di Kabupaten Maros,” tutur Suhartono

Syafaruddin selaku ketua Pokmaswas Harapan Marannu menjelaskan saat ini pihaknya telah mengedukasi seluruh masyarakat.

“Semua kami edukasi baik yang tinggal ditengah kota hingga di pesisir pantai,” ujar Syafaruddin

“Dengan tujuan agar lebih memperhatikan ekosistem kehidupan hewan dan tumbuhan di pesisir pantai,” tutup Syafruddin.

Penanaman mangrove ini dilakukan bersama masyarakat pesisir diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga keberadaan dan kelestarian mangrove.

Selain itu, penanaman mangrove ini banyak manfaatnya juga sangat baik untuk masyarakat disekitar pesisir.(Ny)

Leave a comment