Home / HIBURAN / Bupati Hadiri Pemakaman Musisi Legendaris Eks Band Muksin Alatas dan Pencipta Lagu Daerah Toraja Utara
Johan Sampetoding/Rakyat Sulawesi - Man

Bupati Hadiri Pemakaman Musisi Legendaris Eks Band Muksin Alatas dan Pencipta Lagu Daerah Toraja Utara

Rantepao, Rakyat Sulawesi, – Musisi Legendaris dan pencipta lagu-lagu Daerah Toraja tahun tujuh puluhan Johan Sampetoding (68 thn) Senin, 08 Oktober 2018 pkl.14.30 dimakamkan di pekuburan Keluarga di Siguntu, Kec.Sopai, Kab. Toraja Utara dan dihadiri Bupati Kalatiku Paembonan, Bupati Mimika Yohanis Bassang, Sekda Toraja Utara Rede Roni Bare serta kerabat, keluarga dan handai tolan.

Almarhum putra terbaik Toraja dalam perkembangan musik tarik suara di atas Lakipadada. Memulai karirnya di tahun 1970 dengan mengikuti berbagai ajang lomba Pop Singer tingkat provinsi dan nasional, mengangkat Toraja lewat lagu lagu  ciptaannya yang banyak  dinyanyikan beberapa artis kenamaan Toraja seperti Meti Baan, Uli Sallurapa dan YK. Parantean.

Ciptaan lagu almarhum hampir mencapai ratusan keping lagu daerah Toraja yang sudah populer dan sukses ke papan atas, seperti Sonda Mali’ku, Pepasangku, Wai Matangku, Tonna Linonapa Lino, Pepasan To’dolo, Tondok Toraya 1, Tondok Toraya 2 dan masih banyak lagu lainnya.

Musisi dan Pencipta lagu Toraja ini banyak lahirkan artis Toraja dan mengorbitkan lewat musik dan lagu lagu ciptaannya sehingga beberapa artis Toraja menjadi populer di tahun delapan puluhan atas bimbingan dari Almarhum Johan Sampetoding.

Selain itu, almarhum juga pernah bergabung dengan Grup Musik Muchsin Alatas tahun 1979 di Jakarta dan kembali ke Toraja tahun delapan puluhan membuat gruup band di Toraja bersama rekannya Yusup Lolon.

Almarhum juga banyak aktip di organisasi lainnya, pernah menjadi ketua Gapensi, pengurus Kamardagang dan beberapa organisasi lainnya di Toraja maupun Provinsi Sulsel.
Almarhum sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Elim Rantepao dan menghembuskan napas terakhir Rabu, 26 September 2018, almarhum meninggalkan seorang istri dan lima orang anak beserta cucu,

Sementara Yusuf Lolon rekan se jagatnya mengatakan,  “Beliau merupakan sosok pekerja keras, disiplin dan selalu memberikan spirit kepada rekannya,  selain itu Almarhum juga sosok yang ramah dan humoris, kami rekan sebaya tahun tujuh puluhan sangat kehilangan atas kepergiannya.  Selamat Jalan saudaraku doa kami menyertaimu ke rumah Bapa di Sorga,”  ucap Yusup Lolon dirumah duka saat ditemui.(man).