DPRD Sumsel Usul Perpanjangan Pemutihan Pajak Sampai Tahun Depan

Ads Pemkot Makassar

PALEMBANG – Program pemutihan kendaraan bermotor yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan () pada 2020 ini diusulkan untuk diperpanjang hingga awal .

Permintaan program pemutihan kendaraan bermotor ini dikan oleh Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD , H David Hadrianto Aljufri SH, saat rapat pembahasan KUA PPAS RAPBD Provinsi 2021, pada Sabtu (21/11).

“Utamanya di daerah penghasil kopi seperti Kopi di Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang.

Karena kalau saat ini masyarakat di sana lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan pokok.

Tapi saat panen Kopi di awal dan mereka punya kelebihan rezeki dipastikan mereka mau membayar kendaraan bermotor,” kata HDA (sapaan H David Aljufri, red) dalam rapat yang dipimpin Ketua Banggar DPRD sekaligus Ketua DPRD , Hj RA Anita Noeringhati SH MH dan dihadiri Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov , Nasrun Umar.

Menanggapi permintaan HDA ini, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) , Dra Hj Neng Muhaiba MM mengakui terjadi kenaikan besaran pembayaran PKB pemutihan, yang meliputi pembebasan sanksi administrasi dan keringanan pokok kendaraan bermotor yang menunggak lebih dari 1 .

Selain itu, program pemutihan juga mencakup penghapusan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) khususnya di daerah Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang, namun tidak begitu signifikan dibandingkan daerah lain di .

“Namun, usulan tersebut akan kami kan ke pimpinan untuk ditindaklanjuti,” kata Neng.

Ditambahkan pula oleh Ketua TAPD Pemprov , Nasrun Umar, bahwa pihaknya akan fokus untuk mendongkrak PAD khususnya pada PBBPKB untuk yang wajib pungut.

“Kami juga bakal membentuk satgas optimalisasi untuk meningkatkan PAD dari sektor .

Program pemutihan kendaraan bermotor ini juga akan dievaluasi dengan memperhatikan catatan-catatan yang ada,” katanya.

Laporan : Are III Editor : Donni

The post DPRD Usul Pemutihan appeared first on sumateranews.