Siang Ini, Penyortiran Surat Suara Pilkada Gowa Dimulai

Ads Pemkot Makassar

Rakyat Sulawesi, GOWA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa mulai melakukan penyortiran surat suara untuk penyelenggaraan Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.

Penyortiran dan pelipatan surat suara itu digelar di kantor KPU Gowa sendiri, di Jalan Andi Mallombassang, Sungguminasa, Minggu siang (22/11/2020).

“Surat suara Gowa sudah tiba di gudang KPU Gowa. Besok siang (hari ini) rencana mulai proses sortir surat suara,” kata Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis, kepada wartawan.

Saat ini di kantor KPU Gowa, sudah ada sekitar 30 orang petugas sortir yang siap melakukan tugasnya yang telah ditentukan.

Mereka semua diwajibkan menggunakan masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak dengan petugas lain agar tidak menjadi cluster penyebaran Covid-19.

Kata Muhtar, surat suara yang sudah ada itu sebanyak 529.985 lembar. Ditambah dengan 2,5 persen surat suara cadangan dari total jumlah pemilih tetap di Butta Bersejarah ini.

Surat suara itu tiba di kantor KPU Gowa pada Sabtu (21/11/2020) sekitar pukul 20.00 Wita kemarin, yang dikawal oleh petugas dari Bawaslu, Polres, dan TNI.

“Logistik kertas suara ini cukup sensitif, mesti menjadi perhatian bersama, sebab ada sebanyak 529.985 pemilih di 1.430 TPS, yang terdiri dari 18 Kecamatan yang akan menggunakan surat suara pada pemilihan 9 Desember mendatang,” ungkap Komisioner Bawaslu Gowa, Juanto Avol.