Ini Larangan untuk ASN Jelang Pilkada 2020

Ads Pemkot Makassar

Berita parigi moutong, rakyatsulawesi pelaksanaan serentak 2020 di Provinsi Sulawesi Tengah, Tim Desk Parigi Moutong menyebut ada beberapa Aparatur Sipil Negara atau ASN.

“Hindari melakukan hal atau kegiatan yang bisa merusak marwah netralitas ASN,” ungkap Sekretaris Tim Desk Pemda Parigi Moutong, Ponco Nugroho, yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Umum (PUM) Setda Parimo, di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, ini beberapa yang tidak bisa dilakukan seorang ASN adalah tidak boleh melibatkan diri dalam persoalan politik pasangan calon.

Baca juga: Tim Desk : Jaga Netralitas ASN

Selain itu, tidak menggunakan fasilitas Negara dan kewenangan dari jabatan kepentingan pasangan calon kepala daerah.

Kemudian, hal lain yang tidak boleh dilakukan seorang ASN adalah memposting sesuatu yang berkaitan dengan dukungan bagi Paslon Sulteng 2020.

Baca juga: Puluhan ASN Jalani Sidang Kode Etik

Baca juga: Bawaslu Sulteng dan Dosen Untad Palu Saling Lapor

“Jika ada salah satu calon pasangan yang kita simpati, simpanlah dalam hati,” tegasnya.

Ia melanjutkan, penerapan netralitas dapat menjaga kekompakan dan keutuhan bagi keluarga besar ASN.

Selain itu juga, dapat mencegah posisi ASN dalam birokrasi yang dapat menimbulkan potensi sasaran tarik menarik paslon kepala daerah.

Baca juga: Merasa Marwah DPRD Parimo Dilecehkan, Fraksi Nasdem Tinggalkan Sidang Paripurna

Dalam hajat senantiasa ada power struggle dan power competition antar kontestan, konstituen, serta pihak lain yang berkepentingan.

Selain itu, ASN dan birokrasi pemerintah berdiri menurut golongan dan kelompok masing-masing.

“Netralitas ASN Parigi Moutong pada Pilgub Sulteng 2020, Jaga Kekompakan dan Keutuhan yang menciptakan Aman dan Damai,” tuturnya.

Baca juga: Parigi Moutong Sudah Membentuk Sekretariat Desk Sulawesi Tengah

Desk berperan, antara lain sebagai political partnerships body yang diikat dengan platform yang sama, yakni yang berkualitas.

issue direction fi nder, yakni peran dapat memahami, menyadari, atau bahkan memprediksi beberapa kemungkinan isu teknis maupun substantif yang perlu dan tidak perlu menjadi perhatian Bersama.

issue intensifi er, yakni peran memberikan penekanan tentang isu-isu mana yang perlu ditonjolkan serta isu mana yang perlu dieliminir, atau peran sebagai ‘”pengeras isu-isu”. Sehingga, isu dapat berkembang menjadi public interest di daerah setempat.

Dan conflicts deminisher, yakni peran sebagai pemecah dan peneduh konflik dari berbagai kemungkinan konflik yang muncul.

Baca juga: Serentak Sulteng 2020, Ribuan TPS Masuk Kategori Rawan

Laporan: Muhammad Rafii

The post Ini ASN 2020 appeared first on Situs Berita Online Sulawesi Tengah, Palu dan Parigi Moutong.