Covid-19 Usia Rentan Naik 3 Kali Lipat, Manggala dan Panakkukang Penyumbang Terbesar

Ads Pemkot Makassar

Rakyat Sulawesi, MAKASSAR — Kasus 19 di Kota Makassar kembali melonjak minggu ini. Efek libur panjang akhir bulan lalu. Masyarakat mesti waspada.

Epidemiologi Universitas Hasanuddin, Ansariadi menyebutkan, setidaknya ada dua kecamatan yang menjadi kasus di Makassar dalam seminggu ini.

“Kecamatan yang alami peningkatan tinggi dan . Hampir dua kali ,” ungkap Ansariadi Minggu (22/11/2020).

Dari data satgas 19 Makassar, mulai tanggal 16 hingga 21 November, jumlah kasus di Kecamatan mencapai 23 kasus. Sedangkan 17 kasus.

Selain itu, ia menambahkan, usia rentan atau di atas 60 tahun paling banyak terpapar 19. Bahkan mencapai peningkatan tiga kali . Disusul usia produktif antara 20 sampai 29 tahun.

“Yaitu umur-umur tua di atas 60 tahun, kasusnya meningkat 3 kali , kemudian kelompok umur 20-29 tahun. Bisa jadi orang muda ini yang OTG lalu menularkan ke orang tua,” bebernya.

Hal ini, kata dia harus menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Apalagi angka reproduksi (rt) kasus saat ini berada di atas 1. Meningkat jika dibandingkan bulan lalu yang sempat menyentuh 0,7.

“Dua pekan terakhir ada kecenderungan peningkatan kasus. Rt di atas 1, ini menunjukkan adanya penularan di masyarakat dan pertumbuhan yang bersifat eksponensial,” terangnya.