Sekda Ingin Kaum Milenial Tapsel Lirik UMKM

Ads Pemkot Makassar

-SUMUT, RAKYAT SULAWESI | – Sekretaris Daerah () Kabupaten Tapanuli Selatan () dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Sibolga ikuti pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri 3.

KKI 2020 yang diikuti secara virtual dari rumah Gallery Tenun , Jumat (20/11/2020) ini merupakan ajang kompetisi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Indonesia dan dibuka oleh Ibu Negara bersama Gubernur BI.

Iriana Joko Widodo mengisyaratkan semangat memajukan UMKM tidak boleh surut di situasi Covid-19. Tetap harus semakin gencar, banyak inovasi, dan semakin menarik. Perkembangan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Semua UMKM harus memperbaiki kualitasnya. Mulai dari produk, packing, pelayanan, harga. Tujuannya agar tak kalah saing dengan produk lain. UMKM juga kesempatan baik bagi kaum dalam menciptakan lapangan kerja.

“Mari kita cintai produk Indonesia. Bergotong-royong mengembangkan produk Indonesia, dengan membeli produk Indonesia dan bangga menggunakan produk Indonesia,” ajak Iriana.

Kata Gubernur BI, Perry Warjiyo, kegiatan ini mengutamakan tiga pilar. Yaitu korporatisasi sebagai upaya untuk penguatan kelembagaan UMKM, kapasitas UMKM dalam pencitraan nilai tambah melalui digitalisasi, serta pembiayaan untuk perluasan akses keuangan UMKM.

Parulian Nasution usai mengikuti virtual menyatakan harapannya, agar ke depan bermunculan motivasi baru untuk membangun inovasi yang kreatif dan produktif. Agar UMKM semakin berkembang bahkan berjaya.

Generasi muda juga harusnya meyakini bahwa UMKM sangat menjanjikan. Karenanya, mengkan kaum ini melirik UMKM dan menjadikannya sebagai profesi. Demikian pula dengan pengembangan objek wisata yang ada di kawasan .

“Kami mengajak Bank Indonesia untuk terus merajut kebersamaan dengan Pemkab , demi terciptanya masyarakat yang sehat, cerdas, dan sejahtera,” harap Parulian.

Menyikapi harapan tersebut, Kepala Perwakilan BI Cabang Sibolga Aswin Kosotali menegaskan, sesungguhnya pihaknya memiliki komitmen untuk erus bekerja meningkatkan kapasitas UMKM khususnya di .

“BI berusaha untuk meningkatkan kapasitas, termasuk bagaimana meningkatkan kualitas mutu serta pemasaran di era digital marketing. Harapannya, UMKM berkembang hingga menjangkau pasar yang lebih luas,” tandasnya. [Anwar]