Rocky Gerung: Saya Ini Ketua Asosiasi Pemuda Pemakan Ikan, Singkatannya APPI

Ads Pemkot Makassar

Rakyat Sulawesi, MAKASSAR — Pilkada Makassar 2020 tak luput dari pemantauan pengamat politik, Rocky Gerung. Bagi dia, pesta demokrasi di Makassar paling unik dibanding di wilayah lain di Indonesia. Mengapa demikian?

“Karena ini ibukotanya Indonesia timur, juga ibukotanya intelektual republik. Makassar adalah markas akal sehat. Jadi sebaiknya Pilkada diuji dengan basis intelektual bukan sentimen. Tapi kalau kampanye negatif justru dibutuhkan dan harus selalu diucapkan dalam proses pilkada,” tutur Rocky saat menjadi narasumber dalam acara Studium Generale bertema ‘Peran Pemuda dalam Pilkada Makassar’ di Cafe Ombak, Jl Ujung Pandang, Sabtu (21/11/2020).

Selain itu menurut Rocky, Makassar punya semacam tradisi bahwa mengucapkan pikiran harus lurus. Karena nutrisinya didomimasi dengan ikan laut yang kaya akan omega 3.

Makassar juga menyumbang nutrisi untuk dunia. Laut Sulawesi sangat kaya. Bibit nutrisi tersimbol di ikan Sulawesi.

“Saya ini Ketua Asosiasi Pemuda Pemakan Ikan. Singkatannya APPI,” kelakar Rocky disambut riuh tawa peserta yang hadir.

Rocky yang menyebut dirinya Presiden Akal Sehat Indonesia itu mengatakan di makassar ada semacam sinisme kepada pemerintahannya. Berpolitik muaranya untuk menghasilkan keadilan. APBD segitu banyaknya harus menghasilkan keadilan. Oligarki hanya untuk kepentingan berikutnya.

Ia memandang, Makassar seolah tumbuh, tapi tumbuhnya tersisih dari kampung artinya disparitasnya tinggi. Kemiskinan disembunyikan oleh figurisasi.