Peran KPKNL Palu Dalam Pembangunan Sulteng dan PEN

Ads Pemkot Makassar

  RAYA – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu merupakan salah satu unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) pada Kementerian Keuangan mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang.

KPKNL Palu beralamat di Jalan Prof Moh Yamin, Nomor 55, Kelurahan Tatura Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah ().

Pelayanan Lelang yang dilaksanakan KPKNL Palu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang Dapat Dilakukan Pada Semua Jenis Lelang yaitu Lelang Eksekusi, Lelang Non Eksekusi Wajib dan Lelang Non Eksekusi Sukarela.

Kepala KPKNL Palu, Devi Lesilolo, menyebut, kurun waktu tiga tahun terakhir, Kota Palu dan sekitarnya mengalami bencana antara lain gempa bumi, tsunami dan Likuefaksi pada 2018 dan wabah pandemi Covid-19 yang menerpa juga di seluruh Indonesia pada awal 2020, sehingga KPKNL Palu sebagai salah satu unit pelayanan masyarakat pada Kementerian Keuangan terus melakukan pelayanan diamanatkan undang-undang untuk menggerakkan perekonomian nasional maupun daerah.

“Data pelaksanaan lelang KPKNL Palu kurun waktu tiga tahun terakhir, telah melaksanakan lelang mencapai 1.352 frekuensi, pelaksanaan lelang tersebut KPKNL berkontribusi menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pelayanan lelang sebesar Rp10,5 miliar pada Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah serta kabupaten dan kota sekitarnya, sekaligus terhadap perekonomian nasional yaitu sebesar Rp45 miliar,” jelas Devi Lesilolo.

Sebagai komitmennya, kata dia, DJKN melalui KPKNL di seluruh Indonesia termasuk KPKNL Palu, mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN), maka di hari jadin uang Republik Indonesia ke-74 atau dikenal dengan hari Oeang dan hari ulang tahun ke-14 DJKN, telah melakukan ‘Pekan Lelang’ di seluruh Indonesia, antara lain lelang non-eksekusi sukarela terhadap barang-barang dari produk UMKM setempat, melalui website www.lelang.go.id. Tujuannya, dapat membantu para pelaku UMKM memperkenalkan dan memasarkan produk UMKM-nya kepada masyarakat luas.

Masih rangkaian ‘Pekan Lelang’ hari ulang tahun ke-14 DJKN, KPKNL Palu juga akan melaksanakan lelang dijadwalkan pada 7 hingga 11 Desember 2020 mendatang. Lelang yang akan dilaksanakan, yaitu lelang eksekusi hak tanggungan dimohonkan PT Bank Central Asia, Tbk., Kantor Wilayah IV Makassar dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., Cabang Palu. Informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengunjungi website resmi lelang yaitu www.lelang.go.id.

“Melalui lelang, KPKNL Palu membuka kesempatan juga bagi pelaku UKM atau UMKM. UKM atau UMKM merupakan sektor paling terpukul akibat pandemi Covid-19 yang menekan pertumbuhan ekonomi nasional. Pelaku UKM atau UMKM dapat melakukan permohonan lelang untuk menjual atau memasarkan produknya melalui mekanisme lelang, tujuannya guna menggenjot aktivitas ekonomi UKM atau UMKM di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini,” katanya.

Menurutnya, lelang sebagai sarana instrument jual beli barang yang mempunyai keunggulan yaitu, mudah, terbuka untuk umum, efisien, objektif dan aman.

“Kemudahan lelang dirasakan pada berbagai tahap, mulai dari akses, pencarian objek hingga transaksi. Pelaksanaan lelang wajib didahului oleh pengumuman lelang, sehingga diketahui oleh khalayak ramai, transparan dan dilakukan sesuai kondisi untuk menjaga objektivitas sehingga menghasilkan hasil lelang yang optimal,” ucapnya.

Keamanan proses lelang pun, kata dia, turut terjaga. Sebab, pelaksanaannya harus di hadapan pejabat lelang, dengan penjual dan peserta terverifikasi serta disahkan pada risalah lelang (akta otentik), dikarenakan melalui media lelang terpercaya yaitu lelang.go.id, dimana telah tersertifikasi lulus security testing oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Mengingat pentingnya pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi Tengah dan sekitarnya, KPKNL Palu berkomitmen untuk memberikan pelayanan excellent dan militansi,” tuturnya.  

Untuk mendapatkan informasi lebih akurat terkait pelayanan pada KPKNL Palu, diimbau kepada masyarakat dan sekitarnya berkunjung langsung ke Kantor KPKNL Palu. Informasi dapat juga diperoleh dengan menghubungi call center DJKN di 150-991, dapat juga melalui halodjkn@kemenkeu.go.id dan melalui telepon KPKNL Palu (0451) 8202737 serta email kpknlpalu@kemenkeu.go.id. NDY

The post KPKNL Palu dan PEN appeared first on Raya.