Pelaksanaan Tahapan Pilkada Ikuti Prokes, KPUD Karo Harapkan Peran Media

Ads Pemkot Makassar

BERASTAGI – RAKYAT SULAWESI | | Setiap tahapan pilkada serentak akan tetap mempedomani anjuran pemerintah melaksanakan protokol kesehatan. Untuk itu media massa diharapkan dapat memberikan informasi positip kepada masyarakat agar pelaksanaan pilkada dapat berlangsung sebagaimana diharapkan.

Hal ini, terungkap pada saat berlangsungnya Sosialisasi Pendidikan Pemilih Kepada Media Massa Dalam Rangka Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Karo Tahun 2020, Jumat (20/11/2020) di Hotel Sibayak Berastagi, Kabupaten Karo.

Dalam sambutannya Ketua KPU Karo Gemar Tarigan mengharapkan media massa bisa menjadi mitra dan ikut berpartisipasi dalam menyelenggarakan pemilihan Bupati dan wakil bupati karo tahun 2020 bisa berjalan sukses, damai dan tidak ada hambatan terutama mengingat situasi pandemi covid -19.

Koordinator Partisipasi Masyarakat (Korparmas ) KPU Provinsi Sumatera Utara Bapak Benget Silitonga mengapresiasi KPUD Karo yang bermitra dengan media massa untuk ikut berkontribusi dan berpartisipasi dalam pilkada Karo tahun 2020 berjalan sukses dan damai.

Dikatakannya, pilkada tahun 2020 ini, merupakan tugas yang sangat berat bagi KPU, karena pemilihan tahun ini merupakan pemilihan dalam situasi yang sangat sulit mengingat mewabahnya pandemi covid di Indonesia termasuk di dunia luar sehingga merupakan sejarah.

Kepada media massa Benget Silitonga mengharapkan agar dapat memberikan pemaahaman kepada masyarakat kalau dalam penyelenggaraan pilkada, KPU mengupayakan Tempat Pemungutan Suara ( TPS ) steril sementara masyarakat juga tetap disiplin mematuhi prokes.

Diharapkan dengan adanya keyakinan pilkada tidak menjadi kluster baru covid -19 maka partisipasi pemilih dapat meningkat sesuai prediksi akan mencapai 78 persen karena masyarakat tidak ragu datang ke TPS.

Sebelumnya Dewi salah seorang komisioner KPUD Karo menjelaskan tahapan –tahapan pilkada selama kampanye yang sudah berlangsung 71 hari dan akan berakhir pada 5 Desember mendatang.

Dikemukakan, sosialisasi sudah berkali- kali dilaksanakan bagi berbagai kalangan untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan tahapan pilkada baik masa kampanye maupun larangan-larangan serta upaya pencegahan penularan covid -19 bahkan dalam suasana pelaksana debat paslon, pertemuan-pertemuan tertutup, temu ramah dengan jumlah terbatas karena peraturan tidak memperbolehkan adanya kampanye terbuka dan arak-arakan ataupun bazar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Karo, Gemar Tarigan yang sekaligus membuka acara didampingi komisioner lainnya. Acara dihadiri sekitar 40 orang wartawan/jurnalis dari berbagai media cetak dan online yang bertugas di wilayah Kabupaten Karo. (JP)

The post Pelaksanaan Tahapan Pilkada Ikuti Prokes, KPUD Karo Harapkan Peran Media appeared first on Realitas Online.