Sebelum Masuk Dirapid Tes, Lapas Kelas II-A Pematangsiantar Tolak 6 Orang Tahanan Reaktif Covid-19

Ads Pemkot Makassar

Simalungun, MPOL:  Dalam pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) tampaknya pihak Lembaga Pemasyarakatan II sangat serius menegakkaan protokol kesehatan.

Hal ini dibuktikan setiap tahanan yang hendak atau menjadi penghuni di Lembaga Pemasyarakatan () tersebut ‘diseleksi’ sangat ketat serta sesuai protokol kesehatan (prokes) dengan terlebih dulu melakukan rapid tes.
“Di sini Pak tahanan ke   wajib dirapid tes  oleh petugas medis/ dokter setempat, ungkap Kepala II A Rusi Fernando Sianturi, Amd.IP, SH melalui Humasnya Daniel Sitindaon kepada Medan Pos Onlie, Jumat (20/11/2020) di kantornya Jalan Asahan KM-7 Nagori Pantoan Maju Kec.Siantar, Kab.Simalungun.


Menurut Daniel Tindaon, untuk mencegah dampak penyebaran Covid-19 di penjara, Lembaga Pemasyarakatan () II-A tetap melaksanakannya, tanpa terkecuali.
Ter pengunjung yang hendak menjenguk penghuni di wajibkan melakukan protokol kesahatan dengan menggunakan masker dan cuci tangan serta menjaga jarak.
Dijelaskannya, hari ini ada tahanan dari Pengadilan Negeri (PN) sebanyak 32 orang. atau menjadi penghuni dilakukan rapid test terlebih dulu, hal ini dilakukan untuk mencegah pandemi covid-19.
Setelah menjalani rapit tes, ternyata dari 32 orang tahanan tersebut yang bisa kami terima hanya 26 orang, sedangkan 6 orang lagi terpaksa kami untuk menjadi penghuni di sini, karena reaktif.
Kemudian, setelah itu, para tahanan mei ruangan harus pakai masker dan dilakukan penyemprotan disinfektan di dalam bilik yang berada atau tersedia  di depan kantornya.
Di sisi lain, Daniel Tindaon memerangkan, saat ini penghuni II-A sebanyak 1595 orang, dan kesemuanya negatif terpapar covid-19.
Dari 1595 penghuni  tersebut didominasi /mayoritas perkara narkoba. Dan lainnya perkara tindak pidana umum, sebut Daniel Tindaon
Dalam mencegah berbagai macam penyakit dan agar warga binaan tetap sehat dan bugar serta semangat pihaknya telah menjadwalkan melakukan olah raga setiap sore, sedangkan senam, setiap hari Sabtu.