Pertamina Kembangkan Desa Wisata Pantai Tirta Ayu

Ads Pemkot Makassar

Jakarta, RAKYAT SULAWESI melalui Integrated Terminal Balongan meresmikan program Desa Ayu (DERMAYU).

Dibukanya kembali Ayu tak lepas dari usaha Gunawan yang mempunyai inisiatif melakukan perbaikan secara swadaya bersama warga Desa Balongan. Pasalnya Ayu sempat ditutup cukup lama akibat abrasi.

Melihat potensi sebagai lokasi untuk masyarakat sekitar, Gunawan melakukan bersih-bersih dan membuat gapura sederhana sebagai pintu masuk Ayu dengan bahan seadanya. Kini masyarakat Indramayu dapat kembali berekreasi di legendaris itu.

Dalam perjalanannya, pada 2017, Ayu beralih menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelola Desa Balongan. Namun pembenahan belum dapat dilakukan secara maksimal.

“Ingin Ayu dapat kembali menjadi lokasi untuk warga, seperti sebelum terdampak abrasi,” ujar Gunawan.

Pada tahun 2020, harapan Gunawan dan warga DEsa Balongan pun terjawab, Integrated Terminal Balongan secara bertahap mengembangkan Ayu melalui program DERMAYU.

“Tahun 2020 merupakan tahap pertama pengembangan program DERMAYU. Kami fokus pada penghijauan melalui penanaman 2.000 pohon cemara disepanjang pesisir Ayu. Serta perbaikan pembangunan sarana dan prasarana dasar untuk lokasi . Seperti pengadaan tempat sampah dan area bermain, yang dapat dimanfaatkan oleh wan,” kata Eko, dalam pernyataannya, Jumat (20/11/2020).

Eko menambahkan, selain rusaknya area bibir Ayu, abrasi juga berdampak besar pada ekosistem . Hal ini pun turut mempengaruhi mata pencaharian nelayan di wilayah Ayu.

“Melalui program DERMAYU, kami ingin membantu menghidupkan kembali daerah potensial yang ada di Balongan. Sehingga selain melestarikan lingkungan pesisir melalui penghijauan, program tersebut dapat menciptakan peluang ekonomi baru yang dapat dikelola oleh masyarakat setempat,” ujar Eko.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny