SD Telkom Makassar Rayakan Tahun Baru Islam Secara Virtual

Makassar | Meski di tengah pandemi covid-19, SD Telkom Makassar tetap merayakan Tahun Baru Islam 1442 H tahun ini. Kamis – Selasa (10-22/9/2020).

SD Telkom Makassar merayakan Tahun Baru Islam 1442 H dengan penuh rasa syukur dan khidmat. Perayaan ini diikuti oleh guru dan siswa sesuai protokol kesehatan.

Dengan berbagai rangkaian acara, berbeda dengan Tahun-tahun sebelumnya, peringatan 1 Muharram atau tahun baru Islam  tahun ini, dirayakan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Perayaan tahun ini dimanfaatkan untuk terus berusaha hijrah menjadi manusia yang lebih baik”. Kata Ketua Panitia Tahun Baru Islam 1442 H SD Telkom Makassar, Nurul Fajri SPd, Gr, Selasa (22/9/2020).

SD Telkom Makassar mengadakan perayaan Tahun Baru Islam 1442 H secara virtual (live streaming) melalui aplikasi Youtube.

Seluruh siswa SD Telkom Makassar yang beragama Islam mengikuti live streaming kegiatan Perayaan Tahun Baru Islam 1442 H ini. Dimana para siswa laki-laki menggunakan baju koko dan siswa perempuan menggunakan baju gamis.

Live streaming perayaan Tahun Baru Islam 1442 H diadakan pada hari Kamis 10 September 2020, pukul 09.00 Wita.

Perayaan ini mengambil tema “Dengan Semangat Muharram, Kita Tingkatkan Karakter Anak Bangsa”. Dengan menghadirkan penceramah Ustadz Muh Fakhrurrazi Ansar B.Sh., M.A.

Seluruh guru dan staf SD Telkom Makassar berkumpul di dalam ruangan untuk mengikuti seluruh rangkaian acara serta tauziah yang disampaikan.

“Beda dengan perayaan hari besar keagamaan lainnya yang biasa diadakan di sekolah, seperti Maulid Nabi serta IsraMi’raj. Perayaan Tahun Baru Islam digelar sesederhana mungkin dengan hanya mengundang ustadz penceramah dan para guru”. Urai Nurul Fajri dilansir Tribun Timur.

Sehingga dapat menelurkan generasi muda yang dirindukan surga, dinantikan umat serta diharapkan bangsa.

“Hal ini kita lakukan untuk mengikuti instruksi pemerintah dalam menerapkan Protokol Kesehatan. Sehingga acaranya digelar dalam ruangan saja untuk menghindari kerumunan. Dan sebelumnya juga sudah saya imbau kepada rekan-rekan guru dan staf untuk tetap memakai masker selama acara ini berlangsung”. Tambahnya.

Menurut Ustadz Muh FakhrurraziAnsar B.Sh., M.A., pendidikan di Indonesia sebaiknya berbasis cinta. Sehingga dapat menelurkan generasi muda yang dirindukan surga, dinantikan umat serta diharapkan bangsa.

“Anak-anak SD Telkom Makassar juga harus mengetahui bahwa ada 3 perkara yang tidak terputus amalannya ketikan seseorang itu telah meninggal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat serta anak saleh yang mendoakan”, kata Ustadz Fakhrurrazi.

Dalam kegiatan ini, Panitia Tahun Baru Islam 1442 H mengajak seluruh individu yang ada di SD Telkom Makassar untuk menjadikan TahunBaru Islam sebagai momentumu ntuk berhijrah serta meneguhkan persatuan.

Perayaan Tahun Baru Islam 1442 H ini juga mengajarkan kepada seluruh siswa bahwa semangat hijrah merupakan perpindahan dari sesuatu yang tidak baik kekeadaan yang lebih baik.

Juga untuk mengingatkan seluruh insan yang ada di SD Telkom Makassar pada momen bersejarah hijrahnya Rasulullah saw dari kota Mekkah ke Madinah, yang mana Nabi Muhammad saw. tetap istiqamah atau teguh pendirian dalam berjuang menyebarkan Islam meski menghadapi berbagai rintangan, hambatan dan ancaman.

“Walaupun saat ini Indonesia serta seluruh dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, tetapi kami di SD Telkom Makassar tidak membiarkan TahunBaru Islam 1442 H ini berlalu tanpa makna,” katanya.

“Sebagaimana setiap Tahun Baru Masehi selalu memperingati dengan meriah, maka begitu pula Tahun Baru Islam seharusnya juga diperingati dengan meriah oleh umat Islam di Indonesia, terkhusus di SD Telkom Makassar. Mari manfaatkan momentum 1 Muharram 1442H untuk meneguhkan persatuan untuk menuju serta mewujudkan Indonesia maju,”pungkas Nurul Fajri.