oleh

Deteksi Dini Gempa dan Tsunami, 17 Alat Dipasang di Sultra

KENDARI – RAKYAT SULAWESI , Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan menambah peralatan sebanyak 17 buah alat deteksi dini gempa bumi dan tsunami yang akan disebar di beberapa kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara guna memperkuat mitigasi bencana di daerah tersebut.

Berdasarkan siaran pers BMKG Sultra, yang diterima Antara, Rabu (8/7/2020) menjelaskan, ke-17 peralatan tersebut berupa 11 Warning Receiver System New Generation (WRS NewGen), 4 sensor gempa bumi, dan 2 sensor akselerograf.

WRS NewGen telah selesai dipasang di Stasiun Geofisika Kendari dan sementara berlangsung pemasangan WRS NewGen lainnya secara paralel di BPBD Kota Kendari dan BPBD Kabupaten Konawe. Seluruh peralatan direncanakan beroperasi sebelum akhir tahun 2020.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia menjelaskan bahwa WRS NewGen merupakan peralatan yang berfungsi untuk mendiseminasikan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.

“Peralatan ini akan dipasang di 10 kabupaten/kota. Kota Kendari akan mendapatkan dua set peralatan yang akan diinstal di Stasiun Geofisika Kendari dan BPBD Kota Kendari. Konawe Kepulauan, Buton utara, Muna, Wakatobi, Kolaka Utara, Konawe, Bombana, Konawe Utara, dan Konawe Selatan, masing-masing akan mendapatkan satu set peralatan WRS NewGen,” kata Rosa.

News Feed