oleh

Reduksi Sampah, Zero Waste Sistem akan Diterapkan di Sapiria Kelurahan Lembo

-Berita-7 views

Makassar l Gerebeknews.com – Kepala Seksi Pengelolaan Kebersihan (Kasiber), Suryadi akan menggandeng peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan untuk menerapkan Zero Waste System di Kampung Sapiria Kelurahan Lembo Kecamatan Tallo.

Hal tersebut diungkapkan Suryadi sesaat setelah mengikuti Focus Grup Discussion (FGD) terkait Pengelolaan Persampahan dan Perberdayaan Masyarakat di sela sela acara Seminar Sehari Perhimpunan Indonesia Madani di Hotel Claro, Ahad 22 September 2019.

Peneliti BPTP Sulawesi Selatan, Dr Abdul Syukur Syarif, SP, MP mengatakan Zero Waste System atau Sampah Nol di Sumber merupakan upaya menghilangkan sampah melalui daur ulang dan penggunaan kembali dan berfokus pada merancang ulang sistem produksi dan distribusi untuk mengurangi limbah.

” Tidak ada sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), tetapi oleh warga sampahnya langsung dipilah selanjutnya diolah sesuai peruntukannya”, Tandasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan mengenai komposisi sampah yang semuanya bermanfaat dan memberikan nilai lebih dan ekonomis bagi masyarakat dalam menunjang taraf hidupnya.

” Secara umum komposisi sampah yakni 30 persen merupakan sampah anorganik/rongsokan seperti plastik, botol, besi dan sejenisnya, sedangkan 60-70 persen merupakan sampah organik yang dapat diolah menjadi pupuk bagi tanaman dan pakan bagi unggas dan ikan. Jadi tidak ada yg terbuang”, Terangnya.

Beberapa tahun terakhir, Jebolan IPB yang dikenal sebagai pemerhati lingkungan ini, telah banyak melakukan pendampingan dan praktek cerdas pengelolaan persampahan di Pulau Jawa dan Sulawesi Tenggara, serta terakhir pengelolaan TPS3R di Pesantren Darul Aman sebagai salahsatu percontohan pengolahan sampah di Sulawesi Selatan.

Komentar

News Feed